Mengabadikan Momen Indah Dengan Berfoto di Tugu Jogja

Tugu Jogja – banyak sekali pepatah yang mengatakan bahwa setiap wisatawan yang berkunjung ke kota Yogyakarta, kurang lengkap rasanya jika belum mengambil foto kenangan di Tugu Jogja. Nah jika anda sedang berkunjung ke kota Jogja ini, jangan lewatkan pula untuk berfoto di Tugu Jogja yang terletak di jantung kota Jogja itu sendiri. Meskipun bangunan ini tidak terlalu besar seperti Monas dan monumen lainya, namun dengan desain bangunan yang sangat khas tempat ini masih menjadi spot terfavorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain karena keindahan bangunanya, tugu Yogyakarta ini juga menyimpan berbagai cerita menarik untuk dipelajari dan diceritakan kepada keluarga. Dahulunya tugu ini dibangun dengan ujung yang runcing tidak seperti yng terlihat saat ini. Bangunan ini djuga dibangun dengan ketinggian lebih dari 25 meter dan puncaknya yang membulat. Selain dilihat dari segi bentuk, dahulunya tugu ini juga dinamai dengan Golong Giling, dimana nama tersebut menggambarkan bentuk monumen yang berbentuk silinder dan puncaknya yang bulat.

Tugu Jogja
Tugu Jogja

Namun seiring dengan berjalanya waktu, kota Yogyakarta sering mengalami gempa bumi sehingga menyebabkan kerusakan pada monumen tersebut. bahkan pada tanggan 10 Juni 1867, tugu ini sempat roboh akibat getaran gempa yang cukup kencang. Pada saat itu, bangunan tugu masih belum terlalu kokoh sehingga konstrusinya belum sempurna seperti bangunan zaman sekarang. Setelah robohnya tugu tersebut, pemerintah Hindia belanda dan keraton Ngayogyakarta membangun kembali tugu tersebut dengan bentuk yang seperti dilihat sekarang dan tentunya dengan konstruksi yang lebih baik.

Aktifitas di Tugu Yogyakarta

Dengan konteks saat ini, tugu Jogja mejadi temat yang sangat asyik untuk berkumpul nersama teman dan menghabiskan waktu bersama. Tempat ini juga semakin digemari karena sudah tertata dengan lebih rapi dan ditambah dengan adanya monumen baru yang berada di sebelah Tenggara. Monumen tersebut berfungsi untuk melengkapi kawasan Tugu Yogyakarta. Menariknya lagi, tugu ini juga befungsi  untuk menegaskan bahwa Tugu sebagai Filosofi garis lurus antara Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta dan juga Laut Selatan.

Apabila anda memperhatikan dari Kraton Jogja, Tugu ini akan tampak dengan jelas dari arah utara karena memang dibangun dengan lurus arah utara Kraton. Kemudian jika suasana sedang cerah, anda juga bisa melihat gunung merapi da tugu  Joga berada dalam garis lurus dengan kraton Yogyakarta. Selain itu, letaknya yang dekat dengan beberapa destinasi wisata di Jogja juga menjadi faktor tempat ini menjadi lebih favorit. Namun jika anda ingin bersantai dan mengambil foto dengan leluasa, kami sarankan untuk berkunjung pada malam hari. Hal ini karena tugu Jogja berada di tengah jalan raya sehinga jika mala hari, lalu lintas akan lebih sepi dibandingkan ketika siang.

Akses  Menuju Tugu Jogja

Karena letaknya yang berada di jantung kota, akses jalan menuju tugu ini juga sangat mudah dan dapat ditempuh dari berbagai penjuru. Jika anda baru saja menghabiskan waktu di Malioboro anda bisa berjakan ke arah utara melewati jalan Margo Utomo untuk sampai di Tugu Yogyakarta. Selain itu karena letaknya yang berada di perempatan, anda bisa mencapai tempat ini dari berbagai penjuru.

Harga Tiket Masuk dan Parkir Tugu Jogja

Untuk Harga tiket Tugu Jogja tentunya  gratis karena, monumen ini tidak berada di area tertutup atau privat dimana pengunjung harus membayar biaya retribusi untuk memasukinya. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan pribadi anda. biaya parkir yang di berikan adalah RP 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk mobil. Namun ada solusi ketika anda ingin gratis parkir, anda bisa menitipkan kendaraan di hotel yang terletak di sekitar kawasan Malioboro.

Dengan begitu, jangan lewatkan Tugu Jogja ketika anda berkunjung ke kota Yogyakarta. Tempat ini akan menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja yang mengundang  anda untuk mendatanginya kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *