Jangan Lewatkan Suasana Romantis di Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Titik Nol Kilometer memang menjadi salah satu tempat nongkrong yang paling digemari baik oleh anak muda setempat ataupun wisatawan yang berkunjung ke kota gudeg ini. Tempat tersebut merupakan sebuah persimpangan yang sangat strategis dan menampilkan suasana yang romantis dan dikenal sebagai titik tengah atau pusatnya kota Jogja. Tempat ini dikelilingi oleh tempat-tempat wisata terkenal dikota Jogja seperti Malioboro, museum Vredeburg dan juga keraton kota Yogyakarta. Selain tempat-tempat yang mengelilinginya, titik nol kilometer juga ditata dengan sangat rapi dan dilengkapi lampu-lampu yang indah sehingga suasana romantis itu semakin terasa.

Aktifitas di Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer
Titik Nol Kilometer

Jika berkunjung ke nol kilometer ini, anda  bisa berjalan-jalan diarea pedestarian yang disediakan, sembari menikmati suasana Jogja yang menentramkan. Selain itu, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen anda dengan mengambil foto sebagai kenang-kenangan kunjungan anda. jika anda beruntung, biasanya ada beberapa komunitas yang melakukan berbagai kegiatan di area tersebut, seperti menggelar seni budaya, penggalangan dana dan lain sebagainya. Adanya kegiatan tersebut tentunya semakin memeriahkan tempat nongkrong yang paling digemari ini.

Apalagi, saat ini di  titik nol kilometer terdapat monumen batik yang dibangun dengan area 6 lampu pada bagian barat titik nol Jogja. Monumen tersebut dibuat dengan membentuk 6 kaki persegi dengan dimensi yang cukup besar. Dari 6 kaki atau dimensi tersebut terdapat berbagai jenis batik khas Yogyakarta dengan beberapa keteranganya agar wistaawan dapat memahami maksud dari corak batik tersebut.

Selain menikmati keindahanya anda juga bisa mendapatkan bebrapa ilmu sejarah dari tempat yang satu ini. titik nol kilometer ini dahulunya menjadi titik serangan besar-besaran oleh para  pejuang yang dipimpin Jendral Soedirman dan Letkol Soeharto. Serangan tersebut bertujuan untuk mengusir Belanda dari kota Yogyakarta yang kemudian peristiwa tersebut dikenal dengan isilah serangan 1  Maret. Nah untuk mengenang dan menghormati jasa pahlawan yang telah berjuang, ditempat tersebut dibangun sebuah monumen yang disebut monumen serangan umum 1 Maret.

Akses Menuju Titik Nol Kilometer Jogja

Karena lokasinya yang menjadi titik pusat dari kota Yogyakarta sudah pasti tempat ini sangat mudah untuk anda jangkau atau kunjungi. Jika anda memulai perjalanan dari tempat wisata Malioboro, anda bisa berjalan kaki  ke arah selatan untuk menuju kawasan titk nol kilometer. Sesampainya di lokasi, anda akan disuguhi dengan pemandangan menarik berupa area pedestarian yang ditata dengan sangat rapi. Kemudian, jika perjalanan menuju titik nol kilometer anda awali dari keraton Yogyakarta, anda bisa berjalan kearah utara baik dengan kendaraan ataupun berjalan kaki.

Harga Tiket di Titik Nol Kilometer Jogja

Untuk menikmati suasana romantis di pusat kota ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Anda hanya perlu mengeluarkan uang ketika ingin membeli beberapa makanan atau cindera mata khas Yogyakarta. Selain itu, jika anda berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan, anda akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk mobil. Nah, terkadang ditempat ini juga terdapat beberapa orang yang berpakaian  prajurit kraton dan setiap pengunjung dapat melakukan foto bersama. Namun jika ingin berfoto bersama,  anda juga akan dikenakan biaya seikhlasnya.

Titik nol kilometer memang menjadi salah satu destinasi di kota Yogyakarta yang tidak pernah terlewat untuk dikunjungi. Oleh karenanya, jika anda mendapat kesempatan untuk berkunjung ke kota budaya ini, anda juga perlu merasakan betapa romantisnya pusat  kota Jogja dengan bangunan bersejarah yang mengelilinginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *