Taman Sari, Wisata Sejarah Dekat Malioboro Yang Harus Dikunjungi

Taman Sari adalah salah satu dari beberapa tempat bersejarah yang populer baik dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Dulunya tempat ini digunakan untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan  dan yang pasti bangunan ini berfungsi sebagai benteng pertahanan  dari serangan musuh. Namun bangunan yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I ini sekarang berubah menjadi tempat wisata dan cagar budaya sejarah yang dilestarikan dan dirawat dengan sangat baik. Istana air Taman Sari ini yang dulu digunakan untuk pemandian putri raja dan permaisuri berdiri diatas lahan seluas 10 hektare dengan jumlah 57 bangunan didalamnya.

Aktifitas di Taman Sari Yogyakarta

Jika anda mengunjungi tempat ini, anda akan menemukan beberapa komplek bangunan seperti kolam pemandian, danau buatan, taman, jembatan gantung, lorong bawah tanah, dan beberapa bangunan lainya yang  dahulu sengaja dibangun oleh  para arsitek dunia.

Ditempat ini anda bisa berkeliling bangunan untuk mengetahui sejarah yang pernah terjadi di tempat tersebut bakan anda juga bisa menyewa pemandu yang akan menceritakan kepada anda tentang nilai historis taman sari dan hubunganya dengan kerajaan Yogyakarta pada masa itu. Sambil berkeliling bagunan, anda juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di kompleks bangunan tersebut. Namun salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan merusak pekarangan sekitar cagar budaya tersebut, karena tempat ini masuk dalam salah satu cagar budaya yang dilindungi.

Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta

Tempat ini memiliki empat bagian yang bisa anda ketahui yaitu bagian pertama yang berupa danau butaan yang terletak disebelah barat. Kemudian bagian kedua adalah bangunan yang berada di sebelah danau yaitu umbul binangun. Pada bangunan bagian ketiga anda akan menemukan pesarean Ledok Sari  dan Kolam Garjitawati berada di sebelah selatan umbul Binangun. Kemudian untuk bagian terakhir adalah bagian yang harus anda ketahui yaitu bagian disebalah timur yang menanjang dari pemandian Umbul Binangun  hingga pesarean Ledok Sari. Bangunan tersebut adalah danau dengan pulau buatan dan jembatan gantung kanal.

Bagian terakhir yang wajib kamu datangi pada saat berada di Istana Air Taman Sari adalah bagian di sisi timur terdapat Pemandian Umbul Binangun hingga ke Pasarean Ledok Sari . Dilalui juga ke Kolam Garjitawati yakni sebuah danau bak pulau buatan dipadukan dengan jembatan gantung dan kanal- kanal.

Harga Tiket Masuk Istana Taman Sari

Untuk menikmati keindahan cagar  budaya Istana Taman Sari, anda akan dikenakan biaya masuk dengan harga yang sangat terjangau. Adapun taman sari ini dapat anda kunjungi setiap hari senin hingga minggu pada pukul 08.00 hingga 14.00. adapun untuk harga yang diberikan adalah Rp 5.00 untuk wisatawan lokal dan Rp 7.000 harga tiket untuk wisatawan asing. Ditempat ini anda juga bisa menyewa pemandu dengan tiket sebesar Rp 25.000 untuk satu orang. Harga ini tentu lebih murah karena anda bisa menggunakan satu pemandu untuk banyak pengunjung.

Cara menuju ke Istana Air Taman Sari

Tempat ini juga sangat mudah untuk anda kunjungi baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Jika anda berada di Yogyakarta, langsung sjaa berkendara menuju arah selatan atau arah keraton Yogyakarta. Jika anda sudah bertemu dengan laun-alun utara, anda bisa ambil jalan yang berada di alun-alun. Setelah itu silahkan belok kiri pada perempatan dan iktu petunjuk jalan yang ada.

Nah berwisata di taman sari memang satu hal yang mengesankan karena anda dapat melihat bangunan yang memiliki nilai arsitektur tinggi dan juga nilai sejarah yang sangat kental. Selain itu, harga tiket yang ditawarkan juga sangat terjangkau sehingga dapat menghemat pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *