Harga Tiket Masuk dan Akses Menuju Museum Kereta Keraton Yogyakarta

Museum Kereta Keraton – berbicara tentang kota Yogyakarta memang tidak ada habisnya, apalagi jika membahas tentang budaya dan juga sejarah didalamnya. Salah satu hal yang menarik untuk diperbincangkan adalah museum keraton atau lebih dikenal dengan museum kereta keraton  yang terlihat sangat menarik. Bahkan bukan hanya dari segi arsiteknya yang luar biasa, museum ini juga menyajikan berbagai barang koleksi yamng dimiliki oleh  keraton. Oleh karenanya, jika anda berkunjung ke kota Jogja, museum ini bisa mnjadi salah satu tujuan dari daftar kunjungan anda. keraton jogja juga menjadi kerajaan terakhir diseluruh kerajaan yang berada di pulau jawa.

Museum Kereta Keraton Yogyakarta
Museum Kereta Keraton Yogyakarta19

Aktifitas di Museum Kereta Keraton Yogyakarta

Ditempat ini, anda bisa melihat dengan langsung berbagai koleksi kerajaan mulai dari lukisan, benda pusaka alat usik tradisional dan lain sebagainya. Namun salah satu koleksi yang paling digemari dari museum ini adalah koleksi kereta kencana yang digunakan oleh raja-raja pada zaman dahulu. Museum ini juga menyajikan beberapa hadiah yang diberikan oleh pemerintah Eropa untuk kerajaan Yogyakarta yang sangat menarik untuk dipelajari.

Untuk menikmati kenidahan gaya arsitek yang menarik, anda bisa mengabadikanya dengan cara berfoto dengan background museum yang didesain dengan unik dan sangat kental dengan budaya Jawa. Selain itu, anda juga  bisa berfoto dengan koleksi yang ada di Museum. Untuk melakukan hal tersebut, anda bisa membayar  dengan biaya Rp 1.000 untuk berfoto dengan berbagai koleksi yang ada.

Biasaya koleksi museum yang paling banyak diminati untuk berfoto adalah kereta kencana yang dahulu sering digunakan oleh para raja. Museum ini memiliki beberapa jenis kereta kencana yang unik dan khas dengan kendaraan kerajaan pada zaman dahulu. Uniknya, koleksi di sini adalah asli barang kerajaan dan bukan hanya miniatur ataupun tiruan sehingga nuansa kerajaanya semakin terasa.

Ditempat ini, anda juga bisa menyaksikan pagelaran seni yang bisanya dilakuka di museum kereta keraton Yogyakarta ini. Pagelaran  tradisional tersebut diantaranya adalah seni musik dan gemaelan, wayang golek, wayang orang dan beberapa kesenian khas  keraton lainya.

Satu hal yang menarik dan tidak boleh diabaikan oleh setiap pengunjung adalah aturan museum yang mewajibkan bagi setiap pengunjung untuk berlaku sopan dan menjaga ketertiban. Anda juga harus membaca peraturan, petunjuk arah dan petunjuk atau larangan yang terdapat pada masing-masing benda pusaka. Salah sau larangan yang harus anda perhatikan adalah dilarang merokok, menduduki bangsal,  hingga melempar uang kedalam sumur.

Rute Menuju Museum Kereta Keraton Yogyakarta

Karena letaknya yang berada di sebelah selatan Alun-alun selatan kota Yogyakarta, tentunya museum ini sangat mudah untuk diakses atau dijangkau. Jika anda berada di kawasan Stasiun Tugu, anda bisa berjalan ke arah selatan kemudian melintasi perempatan Malioboro dan bertemu dengan lapangan alun-alun utara. Dari tempat tersebut, bangunan museum sudah akan terlihat.

Harga Tiket Masuk Museum Keraton

Untuk melihat koleksi yang erdapat di museum kereta ini, anda cukup dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja. Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya sebesar RP 12.500 saja.

Dengan mengetahui beberapa informasi tentang museum kereta keraton Yogyakarta ini, tentunya dapat anda jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin berkunjug ke kota Yogyakarta. Yang pasti jangan lupa sisipkan tambahan ilmu pengetahuan dalan perjalanan wisata anda agar perjalanan wisata lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *