Menggali Sejarah Menarik di Masjid Agung Kota Gede

Masjid Agung Kota Gede – Masjid ini adalah salah satu masjid tertua yang berada di kota  Yogyakarta. Salah satu keunikan yang bisa anda nikmati adalah mimbar khatib yang dilengkapi dengan ukiran yang indah dan dan khas kerajaan pada zaman dahulu. Masjid ini juga memiliki ukiran unik dan terbuat dari air aren  yang terletak pada tembok. Disini anda juga bisa melihat bedug tua yang usianya sedah berusia ratusan tahun.

Dengan berkunjung ke tempat ini, anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan tentang kebudayaan islam pada zaman dahulu. Selain itu anda juga masih bisa merasakan kentalnya budaya islam kuno yang terdapat di masjid agung ini. yang pasti, selain berekreasi, anda  juga dapat menambah nilai religius dan nilai historis yang sangat kental.

Aktivitas di Masjid Kota Gede

Jka anda berkunjung ke tempat ini, aktifitas yang dapat dilakukan di sekitar masjid gede ini tidak jauh berbeda dengan aktifitas yang dilakukan di masjid lainya. Masjid ini tentunya juga difungsikan sebagai tempat ibadah. Namun perbedaanya terletak pada usia masjid dan sejarah yang melatar belakanhgi berdirinya masjid ini sendiri. selain itu, dibelakang masjid ini juga terdapat makan raja-raja  zaman dahulu sehingga anda bisa berziarah dan tentunya belajar sejarah dari makam tersebut.

Masjid Agung Kota Gede
Masjid Agung Kota Gede

Aktifitas lain yang pasti tidak bisa terlewatkan adalah berfoto dan mengabadikan momen dengan keuinkan masjid gede ini. apalagi dengan adanya mimbar yang unik dan ukiran pada dinding yang berasal dari tetes aren, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri.

Rute menuju Mesjid Kota Gede

Tempat ini berada di jalan Watu Gilang, Kota Gede. Nah untuk sampai di komplek masjid dan pemakaman raja ini, anda bisa mengambil jalur ke arah Kota Gede. Anda juga bisa mengikuti arah ke tempat Makam raja-raja, karena memang letak masjid yang berada dalam satu komplek dengan makan bersejarah tersebut. kemudian sebelum sampai di komplek pemakaman, anda bsia melewati kawasan masjid, dan anda sudah sampai di masjid Agung kota Gede yang menyajikan berbagai keunikanya.

Harga Tiket Masuk Mesjid Kota Gede

Mengingat tempat wisata ini adalah sebuah masjid umum, maka anda tidak perlu mengeluarkan biaya masuk. Hal ni berlaku untuk setiap wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Oleh kaarenanya tempat ini dapat anda jadikan sebagai tempat rekreasi yang murah meriah. Namun jika anda ingin masuk ke komplek pemakaman raja, anda akan dikenakan biaya masuk.

Selain tebebeas dari biaya masuk, anda juga bisa megunjungi masjid sejarah ini kapan saja baik pasi, siang, ataupun malam hari. Masjid ini juga memiliki beberapa kajian rutin yang bisa anda ikuti untuk menambah pengetahuan. Yang pasti anda diharuskan untuk berlaku sopan dan tidak mengganggu kegiatan yang dilakukan di komplek masjid tersebut. biasanya wisatawan yang datang tidak akan melewatkan untuk mengunjungi makam-makam raja yang terdapat dikomlek tersebut.

Nah siapa bilang berlibur hanya bisa dilakukan di temat rekreasi dengan harga murah? Karena di masjid agung Kota Gede ini anda juga bisa berlibur sekaligus mendapatkan nilai religius. Selain itu, pastinya anda juga kaan mendaatikan berbagai ilmu sejarah dan historis dari makam raja yang berada dikomplek masjid. Disana ana juga akan mendapatkan pemandu yang akan menceritakan berbagai sejarah, raja yang dimakamkan dan juga peran ap_a saja yang dilakukan oleh raja tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *