Menggali Sejarah Dan Kebudayaan Di Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta – Yogyakarta merupakan sebuah daerah kerajaan yang berada di pulau Jawa sebelum Indonesia terbebas dari penjajahan. Dengan begitu, tidak heran jika kota ini menyimpan berbagai nilai hostoris yang sangat berpengaruh terhadap terwujudnya kemerdekaan di Indonesia. Dengan nilai historis yang kental inilah para wisatawan berbondong-bondong mengunjungi kota Yogyakarta untuk mengetahu salah satu eksotisme budaya, salah satunya adalah keraton Yogyakarta.

Kraton ini merupakan sebuah komplek kerajaan yang berdiri tepat ditengah kota Jogja. Dalam sejarahnya, keraton ini dibangun seiring dengan terjadinya perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Berdirinya kerajaan tersebut memisahkan antara Kerajaan Mataran Islam dengan menjadi Kerajaan Ngayogyakarta Surakarta dan menyimpan keindahan arsitektur jawa yang sangat kental. Keraton ini juga menjadi salah satu kerajaan atau komplek istana termegah yang berada di pulau Jawa.

Harga Tiket Masuk Kraton Jogja

Bagi anda yang ingin berwisata dengan biaya yang terjangkau, maka kraton jogja menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena biaya retribusi atau harga tiket masuk yang dipatok sangat lah terjangkau yaitu hanya dengan tarif Rp 5.000. namun beda halnya dengan tiket untuk wisatawan mancanegara yaitu akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000. biaya tersebut tentu sangat terjangkau dibandingkan dengan manfaat yang akan anda dapatkan.

Selain tarif masuk kraton, biaya tambahan yang mungkin akan dikeluarkan adalah biaya parkir jika anda menggunakan kendaraan pribadi dan membawa kamera. Untuk biaya pemotretan atau dokumentasi menggunakan kamera pribadi, anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar RP 3.000. kemudian untuk biaya parkir sepeda motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 dan RP 5.000 untuk kendaraan mobil.

Akses Menuju Kraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

Seperti dengan beberapa tempat wisata di dekat Maliboro, kraton jogja ini juga sangat mudah untuk diakses. Hal ini tentu karena faktor wilayahnya yang berada tepat dipusat kota sehingga dapat dituju dari segala arah. Anda jika anda berada dikawasan Malioboro, anda bisa berjalan melewati titi nol kilometer kemudian mengikuti jalan lurus menuju kraton yogyakarta. Yang pasti tempat ini dapat anda tuju dengan berbagai cara baik dengan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan transportasi umum. Bahkan jika anda ingin mengunjungi kraton dengan nuansa tradisional yang kental, anda bisa menggunakan becak dan dokar sebagai transportasinya.

Aktifitas di Kraton Yogyakarta

Jika berkunjung ke kraton yogyakara ini, anda dapat melakukan berbagai aktifitas atau kegitan yang tentunya bermanfaat dan memberikan pengalaman baru. Dengan berwisata ke tempat ini anda akan mendapatkan berbagai informasi sejarah dan budaya  kota Yogyakarta baik melalui dokumen, lukisan, foto dan berbagai aset sejarah lainya.

selain itu, jagan lupa pula untuk mengabadikan momen berlibur anda di kraton Yogyakarta. Tempat ini akan memberikan hasil foto yang unik dan berbeda karena latar belakang foto yang unik dan khas kerajan masa lalu hanya akan anda temui ditempat ini.

nah jika anda memasuki kawasan kraton, ada beberapa  tahapan bangsal yang harus anda lewati. Setiap masing-masing bangsal akan menampilkan berbagai benda sejarah, bahkan anda dapat melihat koleksi busana yang dimiliki oleh Sultan Hamengku Buwono IX.

Nah dengan beberapa ulasan kraton Yogyakarta diatas, anda dapat mengambil beberapa informasi penting yang dapat anda pertimbangkan sebelum memilik kraton sebagai destinasi wisata anda. yang pasti, dengan berkunjung ke kraton Jogja, anda tidak hanya bisa me-refresh otak, namun juga dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *